Jembatan Talang Air Pringsewu Lampung

Home » » Jembatan Talang Air Pringsewu Lampung

Jembatan Talang Air Pringsewu Lampung

Ditulis Oleh Admin | Saturday, November 12, 2016 | 4:45 PM

http://wisatatelukkiluan.com
Ragam Wisata Indonesia - Bagi anda yang suka wisata sekaligus menikmati hasil peninggalan jaman colonial, tak ada salahnya mengunjungi Kabupaten Pringsewu. Tepatnya di kelurahan Pajaresuk, kecamatan Pringsewu. Ya, di sini anda akan mendapatkan gambaran Talang Air Raksasa dengan teknologi jaman Belanda.

Bangunan irigasi raksasa peninggalan pemerintah kolonial Belanda itu, konon, dibangun tahun 1927 dan masih kokoh hingga kini. Talang Air Pringsewu ini merupakan jaringan irigasi pertanian yang juga dimanfaatkan sebagai jembatan penyeberangan yang menghubungkan antara irigasi di bukit yang satu dengan irigasi di bukit yang lain.

Talang air ini, awalnya diperuntukkan sebagai penyuplai air ke hampir seluruh areal lahan persawahan yang ada di Kabupaten Pringsewu. Tapi, juga berfungsi sebagai jembatan penghubung transportasi warga untuk membawa hasil pertanian.


Memang, inisiatif menjadikan Talang Air Raksasa ini menjadi destinasi kunjungan wisata, merupakan inisiatif warga setempat. Mereka melihat objek wisata di Kabupaten Pringsewu sangat minim. Padahal, talang air ini memiliki keistimewaan tersendiri dan sangat jarang ada di daerah lain, sehingga cukup menarik untuk menjadi objek wisata unggulan bagi daerah berjuluk Seribu Bambu itu.

Secara swadaya dan bergotong royong, warga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata Kelurahan Pajaresuk, berupaya merubah suasana ala kadarnya menjadi lokasi nyaman dan aman. Mereka merawat panorama keindahan daerah sekitar Talang tetap terus terjaga keasriannya, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pengunjung untuk berwisata di wilayahnya.


Inisiatif dan kerja keras warga, ternyata mendapat respon positif . Semakin hari, masyarakat yang berkunjung ke situ terus bertambah, baik dari dalam maupun luar daerah.

Suasana alam pedesaan dengan hamparan sawah dan perkebunan di bawah talang air tersbut, menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung yang datang. Bagi yang hobi fotografi, landscape di sekitar talang cocok sekali untuk lokasi pengambilan gambar lewat jepretan kamera.


Untuk menuju lokasi talang air ini sangat mudah, bisa dicapai dengan sepeda motor atau mobil. Dari pusat Kota Pringsewu jaraknya hanya 1 kilometer melalui Jalan Lintas Barat Sumatera menuju simpang Kelurahan Fajaresuk. Selain itu pengunjung juga bisa menggunakan jalur alternatif menuju lokasi talang air ini melalui Pekon Podorejo dan Bumiarum, Kecamatan Pringsewu.

Pengunjung dapat melewati Talang Air Pringsewu karena di atas talang air berbentuk setengah silinder ini diletakkan besi-besi melintang. Sambil lewat jembatan talang ini, pengunjung dapat melihat air irigasi mengalir di bawah kaki.


Untuk mengunjungi Talang Air Raksasa Pringsewu ini, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali. Tidak ada tiket masuk atau pungutan lainnya. Hanya saja, bagi pengunjung yang membawa kendaraan, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000,- saja per motor. Parkir di Talang Air Fajaresuk Pringsewu ini dikelola oleh warga setempat. Tempat parkirnya tidak jauh, cuma beberapa meter saja dari Talang Air.

Untuk fasiltasnya, di Talang Air Fajaresuk Pringsewu ini disediakan toilet dan juga mushola bagi pengunjung. Letaknya ada di sebelah kiri, naik sedikit saja, dekat dengan lapangan. Selain mushola dan toilet, ada juga warung-warung milik warga sekitar yang menjual jajanan dan minuman untuk pengganjal perut dan menghilangkan dahaga para pengunjung.


Yuk, segera agendakan liburan kalian di Jembatan Talang Air Pringsewu Lampung.

www.sigertravelindo.com

0 comments :

Post a Comment