Way Kambas Lampung

Home » » Way Kambas Lampung

Way Kambas Lampung

Ditulis Oleh Admin | Tuesday, September 1, 2015 | 6:03 PM

http://wisatatelukkiluan.com
Ragam Wisata Indonesia - Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Selain di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) berlokasi di ujung selatan Pulau Sumatera, 110 km dari Kota Bandar Lampung. Tempat ini merupakan salah satu cagar alam tertua di Indonesia yang menempati lahan seluas 1.300 km² berupa dataran rendah di sekitar Sungai Way Kambas, pantai timur Lampung. Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas resmi didirikan tahun 1985.

Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum maka cara yang paling sederhana bisa mengunakan bus dari Terminal Raja Basa yang ada di Bandar Lampung menuju arah Way Jepara. Kemudian bisa turun di Gajah Batu, Desa Rajabasa Lama, Setelah sampai di Way Jepara Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik ojek ke Way Kanan atau ke Pusat Pelatihan Gajah (PLG) yang menjadi pintu masuk ke TNWK.

Way Kambas Lampung
Perlu Anda ketahui bahwa bus terakhir yang akan berangkat dari Rajabasa Lama adalah sekitar pukul 15.00 sore dan akan jauh lebih baik jika Anda sudah tiba sebelum senja, karena tukang ojek tidak akan bersedia untuk mengantarkan Anda setelah lewat senja.

Jida Anda datang dengan menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan dari Bandar Lampung maka bisa mengambil rute Kota Bumi utara dan ikuti saja rute yang ditunjukan oleh marka gambar gajah untuk dapat sampai di TNWK. Anda juga dapat menggunakannya dari Bandar Lampung menuju ke Way Kambas akan tetapi harganya jauh lebih mahal.

Harga masuk ketaman nasional ada dua yaitu ke konservasi gajah dan ke way kanan resort, untuk masuk ke konservasi gajah anda akan dikenakan biaya sekitar 20.000 perorang. Apabila anda ingin pergi ke way kanan resort dimana terdapat penangkaran Badak Sumatera, anda harus meminta SIMAKSI yaitu surat izin masuk dengan harga 30.000 perorang. Jika anda ingin menginap di taman nasional way kambas yaitu di dekat konservasi gajah anda bisa meminta surat SIMAKSI ke Pos Penjaga.

Gerbang Masuk Way Kambas
Di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat hewan yang hampir punah diantaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit. Untuk tanaman banyak diketemukan Api-api, Pidada, Nipah, pandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.
 
Fasilitas utama yang ada di dekat tempat wisata TNWK jaraknya sekitar 500 meter dari pintu masuk. Tempat ini disebut dengan nama Satwa Gajah Eco Lodge. Yaitu taman bertembok yang ditumbuhi banyak pohon buah-buahan tropis.

Satwa Gajah Eco Lodge juga menawarkan empat cottage yang masing-masing dengan kamar dan dapat menampung sampai dengan empat orang dan memiliki faslitas tempat tidur pegas, kipas angin, air panas dan juga toilet yang bergaya barat. Semua cottage, fasilitas dan juga kantor didukung dengan listrik bertenaga surya.
 
Di Pusat Pelatihan Gajah (PPG) terdapat atraksi gajah setiap sore dan pertunjukan sepakbola gajah yang digelar setiap akhir pekan. Menunggang gajah sangat menyenangkan dengan wahana safari yang tersedia, barangkali sebuah keberuntungan menghampiri Anda bisa bertemu gajah liar. Pusat Pelatihan Gajah merupakan tempat pelatihan gajah, sedangkan Plang Ijo dirancang untuk memberikan informasi tentang hutan, satwa liar, dan isu-isu konservasi.
Gajah Main Bola
Di sini Anda juga bisa menemukan sebuah restoran terbuka yang menyediakan cukup banyak menu makanan Indonesia dan juga meneydiakan sarapan dengan menu makanan barat untuk memulai aktifitas di hari Anda.

Berjarak sekitar 30 km dari pintu masuk TNWK berada Way Kanan. Di sini Anda dapat menemukan beberapa jenis penginapan sederhana yang disewakan dengan harga antara Rp100.000,- sampai dengan Rp200.000,00.

Akomodasi yang tersedia disini sederhana namun sangat layak dan bersih, dengan dilengkapi kelambu. Di sini Anda tidak akan menemukan toko maupun warung makanan jadi sangat penting untuk Anda yang datang kesini membawa makanan sendiri.

Way Kanan Resort merupakan Satu-satunya resort yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas ini banyak didatangi berbagai macam kalangan, mulai dari wisatawan lokal sampai mancanegara, hingga para peneliti yang berasal dari penjuru dunia. Dengan tarif kamar Rp 200ribu tiap kamar, resort ini juga menyediakan fasilitas tour sepanjang sungai yang menggunakan alat transportasi perahu bermotor berkapasitas maksimal 6-7 orang, dengan harga mulai dari Rp 750rb sampai dengan Rp 1.5 jt.

Pelatihan Gajah di Way Kambas
Berkunjung ke taman nasional ini merupakan kesempatan berharga. Anda bisa melepaskan kepenatan dari rutinitas kehidupan kota. Di Way Kanan Resort terdapat jalan-jalan yang memandu Anda untuk berkeliling. Anda tidak diperbolehkan masuk ke dalam hutan tanpa pemandu karena berbahaya dan bisa tersesat.

Taman Nasional Way Kambas ini merupakan salah satu tempat wisata di Lampung yang populer dan sangat tepat untuk Anda jadikan tempat liburan bersama dengan kerabat maupun keluarga Anda. selamat Liburan ke TNWK. 
www.sigertravelindo.com

1 comments :

  1. Permisi gan, kalo ke Lampung jangan lupa mampir ke toko Aneka Sari Rasa, toko oleh-oleh produk Lampung terbesar nih gan, yang menjual produk-produk lampung hasil produksi sendiri seperti keripik pisang, sambal, lempok, dll. Dan dibandrol harga yang sesuai dengan kenikmatan yang agan-agan dapatkan. Aneka Sari Rasa beralamat di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, Depan Klenteng Teluk Betung. telp. (0721)-5630988, fax. (0721)-5630988, WA: 082388688868, IG:@anekasarirasa, email:anekasarirasa@yahoo.com, fb:aneka sari rasa, twitter:@anekasarirasa

    ReplyDelete